paket wisata pulau harapan kepulauan seribu
[3][headline][slider-top-big][Head Line]
You are here: Home / , , , , , , Air Mengalir Sampai Jauh, Akhirnya..

Air Mengalir Sampai Jauh, Akhirnya..

| 39 Comments
Pompa Hidram di Napoi

Air, adalah hal penting bagi kehidupan, lebih penting lagi jika cara mendapatkannya tinggal putar kran dan langsung bisa dipergunakan setiap waktu, ini juga yang dimimpikan semua orang, khususnya yang tinggal di lokasi yang tidak tersentuh oleh pipa jaringan PDAM, bisa beli pompa Sanyo tapi kalo gak ada listrik?, lebih bermasalah lagi jika ada sumber (mata air) tapi posisi lebih rendah dari rumah atau pemukiman. Jika itu yang dialami, mungkin tutorial ini harus anda baca sampe titik air penghabisan, dan akhirnya anda harus bikin pompa hidram...hehehe


Sudah lama sebenernya pengen nulis tutorial pembuatan Pompa Hidram ini, semakin kuat lagi karena pas ketemu dengan bapak dan ibu pada suatu pelatihan yang dihadiri hampir 30 propinsi dalam program KAT (Komunitas Adat Terpencil) di Cibodas minggu lalu. Saking antusiasnya sebagian besar dari mereka bikin sesi baru di ruang makan khusus penjelasan pembuatan pompa ini. Melalui ini juga saya mohon maaf sebesar-besarnya pada Bapak/Ibu karena saat itu tidak dapat memfasilitasi seluruhnya, ternyata yang berminat pengen tahu lebih banyak dari yang saya perkirakan. Saat itu terpaksa harus segera ke Gunung Baung untuk alasan yang sama, bikin pompa. Walah...jadi tukang ledeng rupanya, nyaingin Mario Brother, tokoh kartun yang kerjaannya emang tukang ledeng. Kalo yang terakhir ini karena peran besar dari pedagang wandi, yang sehari-harinya pekerjaannya jualan temen :D

Pompa Hidram di Napoi

Pompa Hidram, Hidraulik Ram Automatic atau kebanyakan masyarakat Jawa menyebutnya dengan Pompa Dongkleng, karena lidah Jawa lebih mudah menyebut pompa ini dari suaranya waktu bekerja, dibanding nama aslinya. Pompa ini bekerja tanpa menggunakan bahan bakar, listrik atau tambahan energi dari luar. Pompa ini memanfaatkan tenaga aliran air yang jatuh dari sumber dan sebagian dari air tersebut di pompakan ketempat lebih tinggi. Catatan saya selama ini, pompa ini mampu mengalirkan sepanjang 600 meter horizontal (dataran/flat), dan di daerah Pujon Malang naik hingga 100 meter vertikal.

Kabarnya pompa hidraulik ram ini masuk indonesia dari Inggris pada tahun 1971 melalui ITB (Intitut Teknologi Bandung), buku panduannya untuk membuat dan pemasangan dengan Judul "Teknologi Pompa Hidraulik Ram - Buku Petunjuk untuk Membuat dan Pemasangan" keluar pada tahun 1979. Dan saya sendiri tau tentang ini tahun 1994 dari program Pengabdian Masyarakat Impala Unibraw di Malang dan baru bisa mempraktekannya pada 2003 di Kahayan Hulu Utara Kalteng.

Prinsip Kerja Pompa Hidram

Cara Pemasangan Pompa

Proses perubahan energi kinetis aliran air menjadi tekanan dinamik, dan sebagai akibatnya menimbulkan palu air (water hammer) sehingga terjadi tekanan tinggi dalam pipa tabung. Dengan mengusahakan supaya katub limbah dan katub pengantar terbuka dan tertutup secara bergantian maka tekanan dinamik diteruskan sehingga tekanan inersia yang terjadi pada pipa pemasukan memaksa air naik ke pipa pengantar dan seterusnya, lebih detail silahkan donlot Buku Panduan Teknologi Pompa Hidram.

Bahan-bahan yang harus disediakan

Peralatan Pompa Hidram
  1. a. Pipa Besi diameter Ø 3 inchi, b. Pipa besi diameter Ø 4 inchi
  2. Knee Ø 3 inchi - 1 buah
  3. Plat sambungan Pipa ukuran Ø 3 inchi sebanyak 6 buah
  4. Plat besi
  5. Karet Pelapis sambungan
  6. Karet Luar ban mobil bekas secukupnya
  7. Baut penyambung pipa 24 buah
  8. Baut untuk tuas klep hidraulik panjang 1 buah
Langkah demi langkah pembuatan Pompa Hidram

1. Membuat Tabung Pompa

Tabung Pompa Hidram Tabung Pompa Hidram

JIka harus membuat sendiri tabung pompa hidram, bisa menggunakan tabung dengan Ø 4 inchi atau lebih, biasanya menggunakan 1 ukuran lebih dari ukuran pompa utama, memang akhirnya bentuknya bisa lebih panjang, jika memiliki tabung elpiji bekas atau tabung lain yang mempunyai ukuran lebih besar bisa juga dipergunakan.

2. Membuat Badan Pompa


Badan Pompa Hidram Badan Pompa Hidram

Badan Pompa Hidram Badan Pompa Hidram

Membuat Tabung Limbah Hidram


Tabung Limbah Hidram Tabung Limbah Hidram

Tabung Limbah Hidram Tabung Limbah Hidram

Membuat Tuas Pompa


Tuas Pompa Hidram Tuas Pompa Hidram

Membuat Klep Tabung Hidram


Klep Tabung Klep Tabung

Membuat Dudukan Pompa Hidram


Dudukan Pompa Hidram

Pipa Keluaran


Pipa Pengeluaran

Membuat Tuas Klep


sorry, belum ada photonya, ini sebenarnya bikin sendiri klep dari ban bekas bagian luarnya yang dilekatkan di baut panjang sebagai tuasnya. Tuas inilah yang nantinya akan bergerak keatas dan kebawah menutup dan mengeluarkan air limpahan.

Memasang Komponen utuh Pompa Hidram


Pemasangan Alat dan Komponen Pemasangan Alat dan Komponen

Ada tips ringan untuk mengukur jarak antara tabung dengan pompa (besi segitiga dan tuas) adalah diambil dengan ukuran sedekatnya, jarak terlalu jauh antara keduanya mungkin akan berpengaruh terhadap kekuatan tekanan pompa, terlihat dalam photo keduanya berjarak dan posisi seimbang (rata).

Pompa Hidram Utuh

Pompa Hidram Utuh

Pompa Hidram Utuh
Pompa Hidram Utuh

Selamat mencoba membuat Pompa Hidram, pada pembuatan yang pernah saya lakukan dengan menggunakan jasa tukang las, satu buah pompa menghabiskan biaya sekitar Tujuh ratus ribu rupiah. Akhirnya jika pengen lihat dokumentasiku selengkapnya bisa ke sini.
Pompa Hidram