[3][headline][slider-top-big][Head Line]

Aktifitas di Ciseeng

| 30 Comments


Kalo anda ketikkan kata kunci Outbound Ciseeng di Google dengan maksud mencari lokasi kegiatan outdoor untuk aktifitas anak-anak, maka yang anda temukan adalah sekian sederet catatan dari blog personal yang mengisahkan pengalaman atas kunjungannya ke tempat ini, komentar yang hampir seragam adalah "murah". Pelanggannya kebanyakan dari kalangan anak sekolah, dari PAUD, TK hingga Sekolah Menengah, disamping harga terjangkau juga lokasinya tidak jauh dari Jakarta, tepatnya di Jalan H. Miing Rawa Bangsa, Kelurahan Putat Nutug, Kecamatan Ciseeng, Bogor, Jawa Barat, persis di seberang sungai Cisadane.

PKBM Pelita Desa, (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Pelita Desa adalah nama lembaga pengelola lokasi pendidikan ini dan kegiatan Outbound bukanlah satu-satunya aktifitas yang dilakukan oleh pengelola, karena ada 15 jenis unit usaha lainnya yang dikelola oleh warga belajar PKBM. Outbound adalah salah satu diantara usaha salon dan kosmetik, sembako, souvenir dan voucher, jus buah, ikan hias, shooting film dan lainnya.  Kegiatan di unit usaha ini nantinya akan dipergunakan untuk membiayai aktifitas belajar mengajar di PKBM Pelita Desa.

Lintasan balance beam

PKMB Pelita Desa adalah sebuah lembaga resmi penyelenggara pendidikan di bawah naungan Direktorat Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Depdiknas.  Mulai dirintis dari tahun 1998 oleh staff Yayasan Pelita Ilmu dengan luasan lokasi sekitar 2,5 hektar, yang akhirnya dikelola sebagai wahana pendidikan di alam dengan mengkombinasikan rekreasi dan belajar.

Jembatan Pintas

Saya sempat bertanya sama salah satu tenaga pengajar ketika ada kesempatan mengadakan kunjungan dadakan ke lokasi, mas.. lokasi ini hebat yah mas menurut saya, publikasi dan promosi justru dilakukan oleh penggiatnya, melalui jasa MLM (mulut lewat mulut) dan dari blog ke blog, bagaimana nanti jika dari lembaga juga ada aktifitas promosi secara khusus ke sekolah-sekolah di Jabodetabek?...itulah mas, ini aja kita sudah membatasi jumlah rombongan pengunjung,  kalo tidak dibatasi bisa jadi kapasitas lokasi tidak memadai lagi oleh kepadatan pengunjung. Tapi yang lebih penting lagi mas, sambungnya.... ini tidaklah melulu sekedar mencari keuntungan, tapi juga sebagai wahana proses belajar secara langsung dari warga PKBM dengan dunia yang sebenarnya.

Sawah Percontohan Biogas

Wow, itulah sisi menarik dari lembaga pengelola wahana ini, dunia Outbound adalah hanya salah satu unit dari pengembangan unit-unit usaha, dengan ini mereka punya media untuk belajar tentang wirausaha, pelayanan dan menjaga kualitas juga banyak hal lainnya yang terkait dengan namanaya "Mandiri".

PKBM Pelita Desa memberikan sentuhan yang berbeda dalam dunia pendidikan kita sepertinya harus segera dimulai. Metode sekolah yang mengandalkan teori tanpa praktek mulai dianggap ketinggalan, terbukti murid lulusan sekolah umum kurang mampu bersaing dengan sekolah kejuruan. Mengkombinasikan teori, praktek ditambah keterampilan hidup (life skill) menjadi kelebihan lembaga ini.

Brosur Outbond Brousr Outbond
Klik gambar diatas, untuk melihat ukurang besarnya

Album Photo Selengkapnya:
outbond ciseeng