[3][headline][slider-top-big][Head Line]
You are here: Home / , , , , Energi Alternatif dari Gunung Halimun

Energi Alternatif dari Gunung Halimun

| 15 Comments
Dari Gunung Halimun, kebutuhan listrik masyarakat dapat diupayakan secara mandiri, tanpa harus tergantung dengan PLN, memang daya yang dikeluarkan tidak bisa memenuhi kebutuhan se-desa, apalagi se-Kecamatan, karena daya yang dikeluarkan berkisar antara 1000 - 2500 watt, tapi lumayanlah buat nonton tipi rame-rame atau menerangi jalan desa. Saya yakin, dengan hanya melihat beberapa gambar yang ditampilkan disini, saya yakin anda bisa memahami sendiri bagaimana membuatnya. Selamat mencoba..!!

Micro Hidro dari Gunung Halimun


Semua rangkaian dan komponen dari kincir ini bisa di beli di toko-toko listrik dan bangunan, kalo toh harus bikin mungkin bagian kincirnya, yang nampak pada gambar memang terbuat dari bahan logam, bisa juga di coba dengan bahan alternatif dari fiberglass, ringan dan kuat, tapi mungkin sedikit agak mahal.

Mini PLTA

Cara kerja mikohidro ini mudah dipahami, lebih jelasnya dapat diketahui dari ilustrasi yang tersaji berikut ini dari Greenpeace UK
[youtube:http://www.youtube.com/watch?v=S4B2gODY3Mk]

Untuk kapasitas masyarakat sekampung, memang agak terbatas, kecuali kampung yang jumlah anggota masyarakatnya belum membutuhkan banyak keperluan kecuali penerangan, memang sudah jadi kecenderungan kalo listrik mulai masuk wilayah, perubahan dan prilaku sosialpun seiring mengikuti, tidak cukup hanya kebutuhan penerangan rumah dan jalan, kebutuhan terhadap hiburan, informasi dan komunikasi selalu menjadi ikutan proses.

Kincir Listrik Tenaga Air

Debit air memang menentukan, demikian juga dengan pasokannya harus dipertahankan tidak pernah berkurang (tekor) atau malah habis. Perhitungan kasarnya adalah menampung pasokan air dengan papan yang dibuat tertutup seperti pipa.

PLTA Micro Hidro

Coba perhatikan terjunan air mengalir menuju kincir, dibuat patahan curam biar tendangannya semakin kenceng untuk memutar roda kincir.



Pak Haryo, gimana kabarnya pak?, masih malang melintang di desa-desa seluruh nusantara ya pak? saluuutt!! (saya menyapa yang pake kaos coklat dan celana pendek di photo ini...hehehehe)

-conkie: hari ini aku melamunkan kapan yah ada yang ngajak main ke gunung halimun...