[3][headline][slider-top-big][Head Line]

Kampung Tua Padwa

| No comment
kampung tua padwa

Tidak lengkap jika berkunjung ke Biak Numfor tapi tidak menyempatkan diri datang ke Desa Urfu Kecamatan Biak Kota, dengan kendaraan pribadi anda dapat menempuhnya hanya 20 menit dari kota. Tempat ini sangat lengkap, syarat dengan berbagai macam materi sebagai tujuan wisata, panorama laut dan pantai yang sangat menawan, budaya masyarakat lokal, sejarah Suku Biak bahkan untuk kepentingan pendidikan dan arkeologi, datang ke Kampung Tua Padwa adalah pilihan yang sangat tepat.



Sejarah berkaitan dengan Suku Biak, tidak lepas dari keberadaan Kampung Padwa. Saat ini rumah sederhana yang didirikan di atas laut tersisa 9 bangunan rumah yang berbentuk rumah panggung beratapkan seng dan kayu. Masyarakat Kampung Padwa saat ini sebagian besar sudah pindah di darat, menempati pemukiman yang disediakan pemerintah daerah tidak jauh dari Kampung asalnya di tepi laut.



Beberapa keluarga yang masih tinggal di laut, disamping menghidupi keluarganya sebagai nelayan juga menjaga lokasi ini dan leluhur mereka yang dimakamkan di goa batu atau tebing karang di sekitarnya. Dapat disaksikan tengkorak dan tulang belulang yang masih utuh dari leluhur Suku Biak yang mendiami Kampung Padwa, yang masih teratur rapih di beberapa tempat.